Senin, 30 November 2009

Pemko Medan Bantu Peralatan Sarana Produksi kepada Koperasi dan UMKM


UNTUK mendukung peningkatan produksi para koperasi dan usaha mikro kecil, pemerintah Kota Medan memberikan bantuan sejumlah peralatan sarana produksi kepada 17 koperasi dan 5 orang usaha mikro kecil di kota Medan, Rabu (25/11) di Pusat Industri Kecil (PIK) kecamatan Medan Denai.
Bantuan peralatan produksi dari APBD 2009 Kota Medan ini adalah 12 unit kompresor, 20 unit mesin potong ubi, 8 unit mesin tasik (bordir) 16 gerobak bakso, mesin pres angin, mesin polis, mesin gerenda, mesin speed lima, mesin sesep, dan masin pembuat handy craf masing-masing satu unit.
Pj Walikota Medan diwakili Sekda Drs H Dzulmi Eldin S MSi dalam sambutannya mengatakan, relatif rendahnya produktifitas koperasi dan usaha mikro kecil antara lain disebabkan lemahnya sumber daya manusia (SDM) sehingga penerapan manjemen juga sengat lemah, kelemahan SDM dan manajemen ini mengakibatkan pengelolaan usaha koperasi dan usaha mikro kecil tidak dapat berlangsung secara professional.
Akibatnya, usaha koperasi dan usaha mikro kecil menjadi kurang produktif, pamasaran lemah dan kemudian usaha koperasi dan usaha mikro kecil kurang dapat berkembang sebagaimana yang kita harapkan.
Padahal, menurutnya, usaha mikro kecil sebenarnya cukup tangguh menghadapi badai resesi ekonomi dan krisis moneter, hal ini telah dibuktikan pada saat badai krisis moneter yang lalu para usaha kecil menengah dapat bertahan, sementara para pengusaha besar lainnya tidak sedikit yang gulung tikar.
Hari ini pemerintah Kota Medan memberikan bantuan peralatan sarana pruduksi kepada sejumlah kopersi dan UMKM, ini merupakan wujud kepedulian pemerintah Kota Medan terhadap peningkatan dan perkembangan para usaha koperasi dan usaha mikro kecil, bantuan ini diharapkan dapat memotivasi peningkatan usaha kopreasi dan UMKM di Kota Medan agar lebih berkembang dan maju dengan produksi yang lebih tinggi.

Sebelumnya Kepala Dinas Koperasi Kota Medan Drs H Yus’as MAP melaporkan, bantuan paralatan sarana produksi ini bersumber dari anggaran APBD pemko Medan 2009, tujuannya untuk meningkatkan produktifitas pengelolaan usaha koperasi dan usaha mikro kecil di Kota Medan yang selama ini produktifitasnya terlihat masih relatif rendah.
Ke-17 usaha koperasi yang menerima bantuan peralatan sarana produksi diantaranya Koperasi Surya Mas, Koperasi Cahaya Baru, Koperasi Anugrah Deli Medan, koperasi Citra Minah Mandiri, Koperasi UKM Center Sumut, koperasi pengrajin konveksi, koperasi pengrajin rotan, sedangkan lima usaha mikro kecil adalah, Ahmad Harahap, Sunarto, Syafrizal, Roma Girsang, dan Syamsir Lubis. (**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar